Selasa, 25 Juni 2013

Maternity Class

Memasuki minggu ke 20 kehamilan banyak hal yang mulai berubah, perut semakin terlihat buncit ^^ dan berasa seksi hehehe... , dan yang membuat semakin bersemangat adalah gerakan baby di dalam perut udah mulai terasa nyata , feel so amazing something life inside me ^o^ , serasa ada teman nya kalau kemana mana selalu berdua :D dan mulai suka ngajak ngobrol baby nya ^^.
Pada awal kehamilan , saya dan suami sudah sepakat bahwa saya akan lahiran di Jepang, nah kalau disini perencanaan kelahiran sudah harus disiapkan jauh hari, harus sudah booking rumah sakit tempat lahiran. Berhubung tempat tinggal kami di wilayah Ikeda , maka Ikeda City Hospital jadi pilihan kami. Di rumah sakit ini setiap ibu hamil di anjurkan untuk mengikuti kelas ibu hamil atau maternity class yang diadakan setiap hari selasa di aula khusus Ikeda City Hospital.
Maternity class ini terdiri dari 3 kali pertemuan diantaranya adalah sbb :
  1. Pertemuan di hari selasa pertama di bulan berjalan ketika usia kandungan ibu memasuki umur 16 minggu , materi yang dibahas adalah tentang kehamilan secara general, mulai dari penjelasan perubahan biologis yang terjadi pada ibu dan janin, sampai dengan penjelasan kesehatan gigi ibu selama kehamilan. Sesion ditutup dengan memberikan tour rumah sakit , dimana kami ditunjukan ruangan bersalin dan ruang baby yang nantinya akan digunakan ketika ibu melahirkan :) cukup menarik ... saya jadi penasaran , apa di Indonesia juga ada rumah sakit yang menerapkan program seperti ini ?
  2. Pertemuan kedua adalah pada hari selasa kedua di bulan berjalan saat kandungan berusia 20 minggu atau 6 bulan jalan, pada pertemuan ini ibu ibu hamil diberi pengarahan tentang gizi yang baik dan seimbang untuk asupan ibu dan janin, karena mungkin di bulan ini waktu nya ibu hamil untuk "kejar target" gizi yang mungkin tertunda karena masalah morning sickness di trisemester pertama. Setelah itu dilakukan session yoga untuk ibu hamil, sekitar 1 jam ibu ibu hamil diarahkan bagaimana melakukan stretching yang baik selama kehamilan berlangung.
  3. Pertemuan ketiga dijadwalkan setiap hari selasa ke empat di bulan berjalan saat usia kandungan sudah mencapai 9 bln, terus terang untuk kelas ini saya blm mengikuti nya ^.^! , nah untuk pertemuan terakhir tersebut diwajibkan datang bersama suami , karena disitu akan dijelaskan hal hal yang harus disiapkan ketika akan melahirkan , kapan waktu yang tepat kita datang ke rumah sakit ketika sudah merasa akan melahirkan dan penjelasan dari dokter yang akan menolong ibu yang melahirkan.
Singkat cerita , selama pertemuan 1 dan 2 yang sudah saya lewatkan pasti nya saya tidak pergi sendirian lho :D , karena suster, bidan , instruktor yoga dan dokter kandungan yang jadi pembicaranya pakai bahasa jepang , jadi saya ditemani oleh suami dan teman orang jepang ^^, jadi ibaratnya translator bahasa nya hehehehe ... 

Tidak ada komentar: